PENERAPAN METODE PRESENTASI DAN METODE DISKUSI DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI AKTIF MAHASISWA PADA PEMBELAJARAN DARING MATA KULIAH PENDIDIKAN PANCASILA UNIVERSITAS TRIDHARMA

  • Euis Yuniastuti Universitas Tridharma

Abstract

Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar peningkatan partisipasi aktif
mahasiswa semester 1 dalam proses pembelajaran daring dengan menggunakan metode Presentasi dan
Diskusi pada mata kuliah Pendidikan Pancasila. Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas
dengan subyek penelitian mahasiswa semester 1, dengan tujuan ingin mengetahui peningkatan partisipasi
aktif mahasiswa dengan menggunakan metode presentasi dan diskusi. Tindakan yang dilakukan pada
penelitian ini adalah dengan menerapkan metode presentasi dan diskusi saat proses pembelajaran daring,
dimana mahasiswa dibagi dalam beberapa kelompok diskusi dan mempresentasikan hasil diskusi.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dan dilakukan dalam 2 siklus pada mata kuliah Pendidikan
Pancasila. Data penelitian ini berupa instrumen partisipasi aktif mahasiswa. Teknik pengumpulan data
partisipasi aktif mahasiswa dengan observasi langsung data dianalisis secara deskriptif dengan
menggunakan prosentase. Penerapan metode presentasi dan diskusi dapat meningkatkan partisipasi
aktif belajar siswa. Pada Siklus I capaian rata-rata partisipasi aktif mahasiswa rendah yaitu 46,7%, pada
siklus II termasuk kategori sedang sebesar 69,3%, sedangkan pada siklus III termasuk kategori tinggi yaitu
79,0%, jadi peningkatan aspek partisipasi aktif mahasiswa dari siklus I ke siklus II meningkat menjadi
22,6 % dari siklus I1 ke siklus III meningkat sebesar 10,3%.


Kata Kunci: PTK, Partisipasi Aktif, Metode Presentasi dan Diskusi

Abstract
The goal of this study was to see how much active participation of semester 1 students in the Pancasila
Education course's online learning process using the presentation and discussion approach increased. This
study is a sort of classroom action research utilizing first-semester students as research subjects, with the
goal of determining how presentation and discussion strategies can promote student active engagement. The
action taken in this study is to use the presentation and discussion approach during the online learning
process, in which students are divided into numerous discussion groups and then give the conversation's
outcomes. This is a Classroom Action Research project that takes place across two cycles in the Pancasila
Education course. This study's data comes in the form of an active participation instrument for students. The
method of obtaining data on student active engagement through direct observation was descriptively
examined using percentages. Students' active participation in learning can be increased by using
presentation and discussion strategies. The average achievement of student active engagement was low in
Cycle I, at 46.7 percent, medium in Cycle II, at 69.3 percent, and high in Cycle III, at 79.0 percent. As a
result, from cycle I to cycle II, active student participation climbed by 22.6 percent, and from cycle I1 to cycle
III, it increased by 10.3 percent.


Keyword: PTK, Active Participation, Presentation, and Discussion Method

Published
2021-09-30